logo-iain-metro-bundar.png

Fakultas Syariah
Institut Agama Islam Negeri Metro

TIM IAIN METRO LAMPUNG INDONESIA MELAKSANAKAN PENGABDIAN INTERNASIONAL BERSAMA UNIVERSITY TEKNOLOGI MARA (UiTM) DI MALAYSIA

Selangor, Malaysia  syariah.metrouniv.ac.id 

Pengabdian Internasional IAIN Metro ke University Mara (UiTM) Malaysia mengadakan tiga jenis kegiatan, yaitu  Pengabdian Internasional, Visiting Lecturer, dan Research Collaboration antar dosen. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk melengkapi data dukung (evidence) mutu Institusi IAIN Metro dan Program Studi sesuai dengan kebutuhan sel-sel Akreditasi,  baik secara nasional dan internasional. Hal ini disampaikan oleh Rektor IAIN Metro Lampung, Prof. Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag., P.I.A melalui panggilan jarak jauh  (10/06/2024).

Realisasi dari tiga kegiatan di atas, deligasi IAIN Metro melakukan aktivitas selama di University Mara (UiTM). Adapun tim Reseach Collaboration dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Metro, dimana tim menawarkan riset terkait Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan seksual di Perguruan Tinggi Indonesia-Malaysia yang dipaparkan oleh Nency Dela Oktora, M.Sy dari Program Studi Hukum Keluarga Islam IAIN Metro. Sainul, S.H., M.H menawarkan riset kolaborasi berbasiskan kearifan lokal atau local wisdom dalam Budaya Melayu Serumpun. Sedangkan Rektor sendiri menawarkan kajian riset pada aspek Moderasi Beragama pada masyarakat Indonesia dan Malaysia.

Tim Visiting Lecture IAIN Metro berkesempatan memberikan perkuliahan di University Mara (UiTM) sebagai bentuk kontribusi pada dunia Perguruan Tinggi tingkat Internasional. Dalam kegiatan ini dosen IAIN Metro menyampaikan beberapa hal, di antaranya: Sainul menyampaikan pijakan dasar hukum dalam menyikapi fenomena modern,  Walfajri berbicara terkait teknis mudah belajar Bahasa Arab, Nency Dela Oktora memaparkan pola-pola kekerasan yang bisa saja muncul baik dikalangan dosen maupun di kalangan mahasiswa. Nety Hermawati juga berkesempatan menyampaikan aspek hukum pidana pada pelaku catcalling yang berujung pada kekerasan seksual. 

Dosen lain yang berperan serta dalam Visiting Lecture yaitu Siti Zulaikha yang menyampaikan Literasi Filantropi dan Kesejahteraan, Uswatun Hasanah berbicara tentang membangun budaya membaca melalui Metode Read Aloud, Aria Septi Anggaira menyampaikan tentang English-Medium Instruction (EMI): Srudents’ Perceptions and Implementation Issues, dan Aguswan Khotibul Umam membahas tentang Pendidikan Psychological Weel Being Berbasis Kearifan Lokal. 

Dengan berjalannya kegiatan ini, banyak hal yang sudah menjadi data dukung (evidence) kampus untuk
mewujudkan kampus yang unggul berdaya saing nasional hingga internasional. Kegiatan ini menjadi kegiatan perdana dan akan dilanjutkan ke kampus lain di berbagai negara, tegas Rektor diakhir pembicaraan kepada tim media.

Sementara Sainul memberi apresiasi, bahwa kegiatan seperti ini patut dilakukan secara berkelanjutan, agar dapat memberikan kepercayaan diri pada mahasiswa dan dosen sebagai deligasi IAIN Metro, yang juga  memiliki kompetensi secara internal, lokal, nasional dan internasional. Hal ini diamini oleh Kepala Pusat Hubungan Internasional Dr. Aria Septi Anggaira, M.Pd. dengan penuh semangat bahwa wajib untuk dilakukan kegiatan ini minimal satu tahun satu kali oleh kampus IAIN Metro Lampung melalui
kebijakan Rektor. (RN_HumasFasya)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian