Previous
Next

SELAMAT DATANG DI JURUSAN HUKUM KELUARGA ISLAM (AHWAL SYAKHSHIYYAH)

HENDRA IRAWAN, M.H. (Kajur Hukum Keluarga Islam)

Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) merupakan salah satu program studi yang ada di fakultas syariah IAIN Metro memiliki komitmen dalam pengkajian dan pengembangan hukum islam eksistensi  dibuktikan dengan adanya surat keputusan direktur jenderal pembinaan kelembagaan islam nomor E/109/1995 pada tanggal 15 september 1995 tentang penyelenggaraan program studi. Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) menawarkan Pendidikan yang di tunjang dengan sarana prasarana fasilitas yang lengkap yaitu adanya ruang praktik sidang semu, laboratorium ilmu falak, dan perpustakaan, tenaga Pendidik yang berpengalaman dan staf pengajar yang handal. Proses pembelajaran di dukung dengan aplikasi e-learning yang memudahkan mahasiswa dan dosen dalam proses sitem pembelajaran.

Terdepan dalam pengkajian dan pengembangan hukum keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) dalam bersinergi socioecotechno-preneurship tahun 2023.

  1. Menciptakan suasana dan pelayanan akademik berbasis keilmuan hukum keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) secara transparan, akuntabel dan partisipatif.
  2. Mengoptimalkan penguasaan materi yang tercermin pada cara berfikir dan berperilaku dalam sinergi socio-eco-technopreneurship berdasarkan hukum keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) yang berdaya saing dan unggul.
  3. Membina dan memupuk potensi guna terciptanyanya hasil karya akademik yang inovatif dan produktif berbasis socioecotechnopreneurship dalam bidang keilmuan hukum keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah).
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepribadian yang baik, kompeten dan mampu mengembangkan keilmuannya berbasis socioecotechnopreneurship dalam kontribusinya terhadap pembangunan dan penegakkan hukum di Indonesia.
  1. Mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
    kepada Allah SWT.
  2. Menciptakan lulusan yang menguasai kompetensi ke-ilmu pengetahuan sesuai dengan
    bidang Hukum Keluarga Islam yang didukung dengan teknologi untuk memenuhi
    pengembangan pembelajaran agar berdaya saing.
  3. Menghasilkan terobosan ke-ilmu pengetahuan serta teknologi melalui metode penelitian
    secara komprehensif dan mutakhir dengan senantiasa memperhatikan dan menerapkan
    nilai-nilai humaniora yang mengarah pada daya guna dan hasil guna terhadap
    pengabdian masyarakat.
  4. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat berbasis kognitif, Afektif dan Psikomotorik
    yang mengarah bentuk integrasi dengan budaya lokal.
  5. Menciptakan lulusan yang berbasis socio-eco-techno-preunership sebagai implementasi
    dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Profil utama lulusan Program Studi Ahwal Syakhshiyyah adalah sebagai Praktisi Hukum Islam (Calon Hakim, Calon Advokat, Calon Mediator), Penghulu dan Asisten Peneliti yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas umum sebagai praktisi hukum Islam dan tugas khusus sebagai praktisi hukum keluarga sesuai dengan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian.

Berita Seputar Jurusan Hukum Keluarga

Akses website utama Insitut Agama Islam Negeri metro

Akses Sistem Informasi Akademik bagi Dosen dan Mahasiswa Insitut Agama Islam Negeri metro

Akses e-learning bagi Dosen dan Mahasiswa Insitut Agama Islam Negeri metro

Form – Form Pendaftaran Kegiatan 

Kalender Akademik Institut Agama Islam Negri Metro