logo-iain-metro-bundar.png

Fakultas Syariah
Institut Agama Islam Negeri Metro

Prodi HTN Fakultas Syariah IAIN Metro Hadiri Kerja Nasional APHUTARI ke-VII 2024 di Bengkulu

Asosiasi Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) Indonesia (APHUTARI) baru saja menyelesaikan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-VII di Bengkulu, yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Juli 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Fakultas Syariah UIN Fatmawati Sukarno (FAS) Bengkulu dan dihadiri oleh perwakilan dari 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari seluruh Indonesia. Di antaranya terdapat 29 Universitas Islam Negeri (UIN), 24 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 5 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Adapun dari Fakultas syari’ah IAIN Metro mendelegasikan Ketua Prodi Hendra Irawan, M.H. dan Sekretaris Prodi Choirul Salim, M.H., untuk mengikuti kegiatan tersebut.  Agenda utama Rakernas itu adalah Workshop dan Rapat Review Kurikulum Program Studi (Prodi) Hukum Tata Negara (HTN).

 

Rakernas tersebut dibuka pada Senin, 8 Juli 2024, pukul 15.00 WIB, di Hotel Santika, Bengkulu. Acara pembukaan diawali dengan pidato sambutan dari berbagai pejabat, termasuk Dekan Fakultas Syariah UIN Bengkulu, Ketua Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN, Rektor UIN FAS Bengkulu, dan Gubernur Bengkulu. Setelah sambutan, dilaksanakan penandatanganan kerja sama antar Prodi HTN PTKIN se-Indonesia, menandai komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan hukum tata negara.

 

Keesokan harinya, Selasa 9 Juli 2024, kegiatan dimulai dengan Visiting Lecturer oleh Panitia Lokal dan Tim Pengajar di Gedung B8 Fakultas Syariah. Kemudian, dilanjutkan dengan Seminar Nasional yang menghadirkan narasumber ternama seperti Prof. Dr. Saifullah, Prof. Dr. Khamami Zada, dan Dr. Mardi Chandra. Seminar itu diadakan di Gedung Jamann Nur UIN FAS Bengkulu dan diikuti dengan diskusi kurikulum oleh APHUTARI pada siang harinya di tempat yang sama. Diskusi tersebut membahas berbagai aspek penting dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum HTN.

id_IDIndonesian